I. Membuka pembelajaran.
1. Menyapa peserta didik dengan antusias.
2. Memberikan apresiasi kepada peserta didik..
3. Memperkenalkan diri dengan menarik dan berkesan.
4. Melakukan apersepsi/ ice breaker/memecahkan kebekuan.
5. Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran.
6. Menyampaikan manfaat dari topik, untuk memotivasi:
- Kutipan dari sumber-sumber lain.
- Pertanyaan provokatif, yang menarik perhatian.
- Data statistik.
- Cerita/ilustrasi yang relevan.
7. Menyampaikan pokok-pokok bahasan.
8. Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan.
II. Menyampaikan isi pembelajaran.
1. Mereview singkat mata ajaran yang lalu.
2. Brainstorming tentang pokok bahasan (relevansi dan kepentingan).
3. Memaparkan esensi pokok bahasan (inti atau pokok permasalahani).
4. Merekayasa upaya memotivasi minat belajar peserta didik:
- demontrasi, praktek, peragaan
- contoh / pengalaman sendiri dan orang lain, fakta
- skema, gambar/ilustrasi, grafik,
- analogi, kutipan kata dari narasumber
- statistik : persentase, trend dan perbandingan angka.
5. Memberikan pengayaan materi.
6. Melemparkan moving/humor terhadap peserta didik untuk penyegaran.
7. Menerapkan model pembelajaran yang cocok dengan materi.
8. Menggunakan alat bantu mengajar yang cocok dengan materi.
III. Menutup pembelajaran.
1. Mempersilahkan peserta didik bertanya, membuat pernyataan/komentar.
2. Merumuskan ulang, menjawab pertanyaan dan mengkonfirmasi.
3. Merangkum materi pembelajaran.
4. Memotivasi untuk menerapkan materi.
5. Menyampaikan kaitan mata ajaran dengan sesi berikutnya.
6. Memberikan apresiasi kepada peserta didik.
7. Menutup pembelajaran dengan high-note (teriakan semangat).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar